Jurusan SMK dengan Prospek kerja menjanjikan
Pospek

6 Jurusan SMK dengan Prospek kerja menjanjikan di masa depan

Berbicara mengenai jurusan SMK, saat ini sudah banya sekolah Menengah Kejuruhan yang membuka berbagai macam jurusan agar peserta didiknya bisa langsung masuk dunia kerja setelah lulus dari SMK, Tapi tahukah sobat tentang Jurusan SMK dengan Prospek kerja menjanjikan?

Buat sobat dosen yang belum tahu, kali ini Calon Dosen akan membahas 6 Jurusan SMK dengan Prospek kerja menjanjikan di masa depan. Jika di ukur dari peminat dan peluang kerjanya. Berikut rinciannya.

JURUSAN PERHOTELAN

Jurusan SMK dengan Prospek kerja menjanjikan

Jurusan SMK yang menjanjikan lainnya adalah jurusan perhotelan. Di jurusan SMK Perhotelan siswa akan diajari seluk beluk pekerjaan di hotel. Hmm.. jurusan ini bukan untuk mencetak tukang bersih-bersih hotel atau porter ya?

Tapi disini kamu akan belajar standar hotel dan pelayanan hotel. Tujuannya tiada lain untuk mencetak tenaga kerja hotel yang siap pakai dan mumpuni dari segi akademis maupun praktik. Prospek kerjanya, lulusan jurusan SMK Perhotelan dapat bekerja di hotel bintang 5 sampai yang standar internasional.

Baca juga : Prospek Kerja Teknik Sipil yang paling di Cari tahun ini

JURUSAN FARMASI

Jurusan SMK yang paling diminati

Beralih ke dunia kesehatan, jurusan SMK Farmasi jadi salah satu jurusan yang perlahan tapi pasti merangkak naik menjadi jurusan SMK yang menjanjikan masa depan. Di jurusan ini para murid akan diajari tentang bahan-bahan kimia hingga peracikan obat.

Pada praktik kerja lapangan nanti jurusan SMK Farmasi dapat berkontribusi pada Apotek hingga Rumah Sakit sebagai tenaga Farmasi.  Bahkan jurusan SMK Farmasi juga bisa melakukan praktik kerja lapangan di sejumlah pabrik obat sesuai dengan jurusannya yang mempelajari tentang peracikan obat.

Prospek jurusan ini kedepannya selain bisa melanjutkan ke perguruan tinggi dengan jurusan yang sama atau sejalan, namun juga bisa langsung terjung ke dunia kerja bidang farmasi. Sejauh ini boleh dikatakan pekerjaan sebagai seorang farmasi adalah salah satu pekerjaan yang menjanjikan masa depan.

JURUSAN ANALIS KIMIA / KIMIA INDUSTRI

Jurusan SMK dengan Prospek kerja menjanjikan

Kalau SMA punya jurusan IPA yang mempelajari Biologi, Fisika, dan Kimia, SMK memiliki jurusan yang langsung tertuju pada analisis kimia. Di jurusan ini siswa akan belajar mengenal zat-zat kimia dan bahayanya serta menganalisisnya. Sekilah jika dilihat dari jenjang pendidikannya, mungkin jurusan SMK terlihat mudah dalam meberikan pelajaran namun selayaknya analisis kimia, jurusan SMK yang satu ini juga menawarkan tantangan yang tidak bisa dianggap remeh.

Sejak memasuki sekolah di kelas 10, para siswa jurusan SMK Analisis Kimia akan memulai pelajaran yang cukup rumit (karena mengenal zat-zat kimia bagaimana pun juga tidak mudah, bukan?). Sebab tidak hanya fokus di Kimia, jurusan SMK Analisis Kimia juga akan menitik beratkan pada perhitungan matematika dan hukum fisika. Namun sebanding dengan proses belajar yang sulit, lulusan Analisis Kimia juga akan sangat dibutuhkan di bidang pekerjaan yang berurusan dengan perkimiaan. Apalagi mengingat jurusan ini belum banyak diterapkan di sekolahsekolah sehingga lulusannya pun masih sangat sedikit.

Baca juga : Jurusan SMK bidang media paling diminati tahun ini

JURUSAN AKUTANSI

Jurusan SMK yang paling diminati

Kalau jurusan yang ini sih dikhususkan bagi kamu yang suka hitunghitungan. Yap! Jurusan Akuntansi akan memberi kamu skill menghitung neraca sampai tata buku keuangan. Jurusan ini cocok banget bagi kamu yang senang kerja kantoran dan menghitung keuangan.

Memang sih dalam praktiknya Jurusan Akuntansi memakan banyak waktu dan tenaga tapi kalau dilihat prospeknya jurusan ini amat menjanjikan. Lulusannya bisa bekerja di perkantoran pajak atau bagian keuangan perusahaan.

Tentunya setiap perusahaan membutuhkan ahli akuntan dong untuk mengurus keuangan mereka? Jadi peluang kerjanya cukup besar dan ngga ada abisnya. Untuk kamu yang mau kuliah, Jurusan Akuntansi juga sangat bisa untuk jadi dasar kamu sebelum mengambil jurusan manajemen di universitas.

JURUSAN ADMINISTRASI PERKANTORAN

Jurusan SMK yang paling diminati

Nah kalau jurusan yang satu ini dulunya lebih dikenal dengan nama Sekretaris. Baru-baru ini Jurusan Sekretaris berganti nama menjadi Administrasi Perkantoran. Walaupun namanya berubah namun yang dipelajari masih sama kok. Jurusan Administrasi Pekantoran mempelajari hal-hal yang bersifat administratif seperti cara membuat surat, cara pengarsipan, sampai etika perkantoran.

Lulusan dari jurusan SMK Administrasi Perkantoran dapat bekerja di berbagai aspek perusahaan sebagai tenaga administrasi atau sekretaris. Selain itu lulusan ini juga memiliki peluang di pemerintahan atau bahkan sekolah-sekolah.

Baca juga : Daftar Jurusan SMK yang paling diminati dengan Prospek kerja Tinggi di Indonesia

JURUSAN PEMASARAN

Jurusan SMK dengan Prospek kerja menjanjikan

Jurusan SMK yang menjanjikan terakhir adalah Jurusan Pemasaran. Yap pemasaran yang dalam bahasa inggris disebut marketing adalah jurusan yang mempelajari basic menjadi seorang marketing. Di Jurusan Pemasaran siswa akan mempelajari strategi pasar, kewirausaha, dan membaca peluang di dunia bisnis.

Ngga cuma sekadar belajar aja, jurusan SMK Pemasaran juga akan langsung praktik ke lapangan. Bukan hanya dari tugas praktik kerja lapangan atau magang, siswa dari Jurusan Pemasaran juga biasanya akan disediakan koperasi atau tugas-tugas praktik dalam menawarkan sebuah produk. Ups, yang dilihat disini bukan kegiatan jual – beli seperti sales ya tapi bagaimana para siswa memikirkan strategi untuk menjual produk mereka.

Prospeknya, Jurusan Pemasaran bisa terjun ke dunia kerja sebagai seorang Marketing Junior atau bahkan membuka usaha sendiri. Jangan malu, di era Masyarakat Ekonomi ASEAN seperti saat ini pasar berkembang secara global dan sebagai siswa Jurusan Pemasaran tentu kamu bisa bersaing untuk mencari peluang di dunia bisnis.

Itulah 6 Jurusan SMK dengan Prospek kerja menjanjikan di masa depan, yang bisa Calon Dosen paparkan untuk sobat. Bagaimana apakah sobat sudah menemukan jurusan apa yang kira-kira sudah pas dengan minat sobat?