Universitas Negeri Terbaik di Indonesia
Kampus

7 Universitas Negeri Terbaik di Indonesia yang wajib kamu tahu

Klasterisasi Universitas Negeri Terbaik di Indonesia berikut ini bertujuan membangun landasan bagi Kemendikbud serta perguruan tinggi buat melaksanakan revisi selalu dalam rangka tingkatkan performa serta kesehatan organisasi.

Kategori Pemeringkatan Universitas Negeri Terbaik di Indonesia

Tidak hanya klasterisasi, Dirjen Dikti Kemendikbud pula melaksanakan pemeringkatan akademi besar berbasis pada 4 penanda evaluasi meliputi:

  1. Penanda Input( 20 persen): meliputi persentasi jumlah dosen S3, jumlah lektor serta guru besar, rasio mahasiswa serta dosen, jumlah mahasiswa asing serta jumlah dosen yang bekerja selaku praktisi industri.
  2. Indiktor proses( 25 persen): meliputi evaluasi akreditasi universitas serta program riset, kerja sama akademi besar, pendidikan daring, penerapan Kampus Merdeka, serta kelengkapan laporan.
  3. Penanda output( 25 persen): meliputi evaluasi jumlah postingan ilmiah, kinerja riset serta mahasiswa, serta jumlah prodi bersertifikasi internasional.
  4. Penanda outcome( 30 persen): meliputi evaluasi kinerja inovasi, jumlah lulusan yang mendapatkan kerja dalam waktu 6 bulan, jumlah nilai sitasi per dosen, serta kinerja dedikasi masyarakat

Nah, Jadi Universitas Negeri Terbaik di Indonesia yang wajib calon Dosen tahu berikut ini diklasifikasikan berdasarkan penilaian kategori tersebut. Langsung saja Yuk dibahas!

Institut Pertanian Bandung (IPB)

Universitas Negeri Terbaik di Indonesia

Universitas Negeri Terbaik di Indonesia pertama dengan skor 3, 648– klaster 1. Institut Pembangunan Bogor merupakan akademi besar berupa institut yang terletak di provinsi Jawa Barat, tepatnya di kota Bogor. IPB lebih berfokus di bidang pertanian, walaupun banyak pula jurusan non- agragris. IPB masih berada dalam catatan universitas terbaik di Indonesia dengan peringkat 10 besar.

Universitas Indonesia (UI)

Universitas Negeri Terbaik di Indonesia

Universitas Negeri Terbaik di Indonesia dengan skor 3. 414– klaster 1. Selanjutnya dalam catatan perguruan tinggi terbaik di Indonesia merupakan Universitas Indonesia ataupun UI. Posisinya terletak di perbatasan kota Depok serta Jakarta, tetapi kerap dikira selaku universitas di Jakarta. Kampus negara di Jakarta ini awal didirikan di tahun 1849. UI sempat menjadi peringkat pertama universitas terfavorit di Indonesia serta tercantum salah satu universitas terbesar di Indonesia.

Universitas Gajah Mada (UGM)

Universitas Negeri Terbaik di Indonesia

Universitas Negeri Terbaik di Indonesia dengan skor 3. 315– klaster 1. Urutan universitas terbaik di Indonesia berikutnya merupakan Universitas Gajah Mada ataupun biasa disingkat UGM. Kampus UGM ini terletak di Yogyakarta dan sudah berdiri semenjak tahun 1949. UGM memanglah tidak berubah- ubah menempati posisi 1 catatan universitas terbaik di Indonesia. Dengan statusnya selaku PTN.

Universitas Airlangga (UNAIR)

Universitas Negeri Terbaik di Indonesia

Universitas Negeri Terbaik di Indonesia dengan skor 3. 299– klaster 1. Tidak lengkap mangulas catatan ranking universitas di Indonesia terkini tanpa memasukkan universitas di Surabaya. Universitas Airlangga ataupun UNAIR bisa jadi sangat cocok bila diucap selaku universitas terbaik di Surabaya. UNAIR populer selaku kampus yang mempunyai kredibililtas serta moralitas besar dan salah satu universitas terbaik di Jawa Timur.

Institut Teknologi Bandung (ITB)

Universitas Negeri Terbaik di Indonesia

Universitas Negeri Terbaik di Indonesia dengan skor 3. 275– klaster 1. Menjadi salah satu universitas terbaik di Indonesia Kampus ITB, singkatan dari Institut Teknologi Bandung. PTN yang terletak di Bandung ini layak jadi institut terbaik di Indonesia yang bergerak di bidang pengembangan sains. ITB didirikan semenjak tahun 1959 serta sanggup mempertahankan mutu selaku salah satu yang tercantum catatan PTN terbaik di Indonesia.

Institut Teknologi Surabaya (ITS)

Universitas Negeri Terbaik di Indonesia

Universitas Negeri Terbaik di Indonesia dengan skor 3. 218– klaster 1. Satu lagi kampus negara di Surabaya yang masuk 10 besar peringkat perguruan tinggi terbaik di Indonesia, apa lagi jika bukan ITS. ITS atau disebut dengan Institut Teknologi 10 Nopember serta terletak di wilayah Sukolilo, Surabaya. berdiri sejak tahun 1957, ITS berfokus buat meningkatkan bidang teknologi serta maritim Indonesia.

Universitas Brawijaya (UB)

Universitas Negeri Terbaik di Indonesia

Universitas Negeri Terbaik di Indonesia dengan skor 3. 161– klaster 1. Terus mengembangkan kualitas agar mampu bersaing dengan beberapa kampus di surabaya, Universitas Brawijaya pula jadi salah satu universitas terbaik di Jawa Timur. Universitas Brawijaya (UB) pertama kali didirikan di tahun 1963 serta terletak di kota Malang. Dahulu Universitas Brawijaya ini dikenal dengan UNIBRAW, tetapi setelah itu disederhanakan lagi jadi UB hingga saat ini.

Itulah 7 Universitas Negeri Terbaik di Indonesia yang saat ini menjadi kampus yang paling diminati oleh calon-calon mahasiswa dan juga calon dosen.

Nah, bagi calon dosen Universitas Negeri Terbaik di Indonesia diatas akan sangat cocok buat kamu untuk dapat melanjutkan pendidikan baik itu pascasarjana maupun doktoral. Salam Pendidikan!