Kampus

#4 Kelebihan IAI Syarifuddin Lumajang yang harus kamu tahu

Halo calon mahasiswa Lumajang, sudah tahu belum kampus milik yayasan Kh.Syarifuddin yang terletak  di kabupaten Lumajang. Buat kamu yang masih belum tahu yuk, kita bahas tentang kampus IAI Syarifuddi Lumajang atau biasa dikenal dengan kampus IAIS Lumajang.

Kampus IAI Syarifuddin Lumajang ini termasuk kedalam salahsatu kampus yang besar di Lumajang karena selain memiliki jurusan yang beragam (lebih banyak) juga memiliki mahasiswa yang banyak. Dalam artian IAI Syarifuddin ini menjadi kampus populer di Lumajang.

Kampus berhaluan Nahdlatul Ulama

IAI Syarifuddin Lumajang

Karena, kampus IAI Syarifuddin Lumajang ini merupakan yayasan atau lembaga milik pesantren sudah pasti jika kampus ini memiliki haluan organisasi islam Nahdlatul Ulama (NU) yang merupakan Organisasi Islam besar seperti Muhammadiyah.

Tak hanya sebagai haluan didalam kampus IAI Syarifuddin Lumajang ini juga menjadikan materi ke-NU-an dan ke-aswajaan sebagai mata kuliah yang harus ditempuh oleh mahasiswanya. Jadi, buat kamu yang saat ini dari pesantren dan bermaksud untuk kuliah lebih enak untuk lanjut di kampus IAI Syarifuddin ini ya.

Kampus dengan Jurusan terbanyak di Lumajang

IAI Syarifuddin Lumajang

Jika dibanding beberapa kampus di Lumajang kampus IAI Syarifuddin ini memiliki beberapa jurusan dan pastinya paling banyak sih. Untuk jurusannya sebagai berikut.

  1. PGMI (Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah) yang melahirkan pendidik atau Guru untuk anak-anak di tingkat MI (Madrasah Ibtidaiyah)
  2. PAI (Pendidikan Agama Islam) yang melahirkan pendidik atau Guru Pendidikan Agama Islam di tingkat SD, SMP dan SMA.
  3. Ekonomi Syariah jurusan ini banyak melahirkan seorang admin pada beberapa usaha seperti BMT bank syariah dan hal lainnya.
  4. BKI (Bimbingan Konseling Islam) yang banyak melahirkan seorang pembimbing psikologi di ranah pendidikan.
  5. Manajemen Dakwah yang banyak melahirkan seorang pendakwah dan DA’I islam
  6. KPI (Komunikasi dan Penyiaran Islam) yang banyak melahirkan para pendai sekaligus penyiar radio televisi dan sebagainya.

Jadi, di kampus Syarifuddin Lumajang ini ada 6 Program Studi yang terpecah menjadi 3 fakultas yakni fakultas Tarbiyah atau Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP), Fakultas Dakwah, dan Fakultas Ekonomi.

Organisasi Mahasiswa di IAI Syarifuddin Lumajang

IAI Syarifuddin Lumajang

Sama halnya di kampus Lumajang yang lain, kampus IAI Syarifuddin Lumajang ini juga memiliki beberapa organisasi internal yang wajib diikuti oleh setiap mahasiswa di kampus swasta Lumajang yang satu ini.

Untuk Organisasi di kampus Syarifuddin Lumajang ini yaitu PMII (Pergerakan Mahasiswa Islam Indonesia) komisariat IAIS Lumajang, BEM (Badan Eksekutif Mahasiswa) yang berada pada setiap Fakultas, juga ada Organisasi HMPS yang menjadi perwakilan setiap fakultas pada kepengurusan BEM.

Biaya Kuliah di IAI Syarifuddin Lumajang

Untuk biaya kuliah di IAIS Lumajang ini setiap tahunnya mengalami peningkatan. Namun, seperti layaknya kampus swasta yang berada di Lumajang lainnya. Sistem biaya kuliah di kampus ini tidak menggunakan UKT (Uang Kuliah Tunggal) jadi biaya kuliah akan sama untuk setiap mahasiswa.

Yang membedakan dalam besarnya biaya kuliah di IAIS ini adalah setiap Program Studinya dimana ada perbedaan misalkan Prodi Pendidikan dengan Prodi Ekonomi, Jadi kamu bisa langsung cek saja biaya kuliahnya di website resmi kampus IAIS Lumajang.

Demikianlah 4 Keunggulan kampus IAI Syarifuddin yang mungkin bisa menjadi beberapa pertimbangan agar kamu bisa dengan nyaman dan leluasa ketika menentukan ke kampus mana kamu akan melanjutkan pendidikan. So, selamat mencoba ya!